Senin, 17 Oktober 2011

MACAM-MACAM ORGANISASI DARI SEGI TUJUAN


· 

 Deskripsi 3 jenis organisasi yang memiliki tujuan berbeda  :
                PMR (Palang Merah Remaja)
                                PMR adalah suatu organisasi yang bergelut dalam bidang kesehatan atau pertolongan pertama pada kecelakaan . Organisasi ini biasanya sebagai ekskul di SMP atau SMA yang anggotanya adalah siswa dan siswi sekolah itu sendiri, adapun kegiatannya adalah seperti membuat tandu darurat, siaga saat siswa/i yang lain upacara,dan masih banyak lagi, tugas pokoknya yaitu tentang pertolongan pertama saat terjadi kecelakaan atau ada yang sakit.
                PETALA (PElajar pecinTA aLAm)
                                PETALA  atau jika di universitas disebut dengan MAPALA (MAhasiswa PecintA aLAm) adalah organisasi di bidang alam, adapun kegiatannya adalah panjat tebing, naik gunung, mendayung, survival dalam keadaan darurat, dan diperlukan latihan fisik yang kuat.  Di organisasi ini sangat dibutuhkan kebersamaan karena bila tidak, dikhawatirkan bila nanti naik gunung akan ada yang terpisah.
                KARANG TARUNA
                                Organisasi ini merupakan organisasi yang berada di lingkungan RT/RW sekitar rumah kita. Organisasi ini anggotanya adalah para remaja di lingkungan tersebut guna untuk dilatih dalam mengembangkan dan mengelola untuk memajukan daerah tersebut dengan ide kreatif/inisiatif dari para remaja tersebut.


·       Tujuan dan Manfaat dari Organisasi tersebut  :

PMR (Palang Merah Remaja)
                        Tujuan dari organisasi tersebut adalah sebagaimana siswa/i diajarkan untuk sigap dan tanggap jika ada yang terluka, cidera atau semacamnya bisa langsung ditangani, organisasi ini bermanfaat apabila ada seseorang yang sakit atau terkena bencana kita bisa langsung sigap menolong dan mengobatinya.

        PETALA (PElajar pecinTA aLAm)
                                Tujuan dari organisasi ini adalah gimana kita bisa memanfaatkan kekayaan/keindahan alam tapi yang harus dipahami bukan haya untuk menikmati keindahan alamnya melainkan bagaimana cara menyelamatkan diri untuk bertahan hidup (survival), apabila suatu ketika terjadi hal yang tidak diinginkan saat naik gunung, tersesat dihutan, atau susur gua. Organisasi ini bermanfaat juga untuk kesehatan badan karena kita dituntut untuk olah fisik, dan untuk mendapatkan fisik yang kuat kita harus rajin olahraga dan sikap saling kebersamaan adalah ujung tombak dari organisasi ini.

        KARANG TARUNA
                                Tujuan karang taruna disini adalah menyatukan para remaja di dalam suatu organisasi guna untuk berbagi /menampung ide kretif atau usulan-usulan dimana mereka bisa bermusyawarah untuk mengambil hasil terbaik dari pendapat-pendapat yang lain dan bisa mereka olah lalu dijalankan.Manfaatnya adalah jiwa anak-anak para remaja tergerak untuk mengurus lingkungan serta  tidak monotonnya orang-orang tua yang mengurus lingkungan, karena ada para remaja yang membantu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar