Sabtu, 02 Juni 2012

Tugas 1

SOAL

  1. Sebutkan dan Jelaskan Macam-macam Sistem ekonomi
  2. Apa yang di maksud dengan permintaan dan penawaran
  3. Apa yang anda ketahui dengan hukum permintaan dan penawaran serta faktor-faktor yang mempengaruhinya.



JAWABAN


1. Macam-Macam Sistem Ekonomi


1. Sistem ekonomi kapitalis (pasar)

Adalah suatu kegiatan perekonomian yang sepenuhnya diatur dan dipengaruhi oleh penjual dengan kekuatan penawaran dan pembeli dengan kekuatan permintaan. Kekuatan pasar yang dapat mengatur jalannya perekonomian disebut tangan yang tak terlihat (invisible hand) yang dapat memecahkan tiga persoalan pokok ekonomi: what, how, for whom.
Adapun ciri-ciri sistem ekonomi kapitalis adalah:
  1. hak milik individu diakui
  2. swasta sebagai pelaku ekonomi
  3. pemerintah sebahai pengawas
  4. ekonomi diatur oleh kekuatan pasar dan uang


2. Sistem ekonomi sosialis (terpusat)


Adalah, sistem ekonomi yang dikendalikan oleh pemerintah pusat dan rakyat hanya menjalankan peraturan yang ditetapkan oleh pemerintah.
Adapun ciri-ciri sistem ekonomi sosialis adalah:
  1. perencanaan ekonomi dilakukan secara terpusat
  2. seluruh sumber daya alam dikuasai negara
  3. seluruh anggota masyarakat bekerja untuk negara
  4. hak-hak pribadi tidak diakui. Contoh negara yang masih menggunakan sistem sosialis diantaranya: RRC, Korea Utara, Kuba


3. Sistem ekonomi campuran


Adalah, gabungan antara sistem ekonomi terpusat dengan sistem ekonomi kapitalis dengan tujuan untuk dapat menciptakan persamaan hak dan menjaga perekonomian berkembang secara stabil.
Adapun ciri-ciri ekonomi campuran adalah:
  1. Terdapat peranan perorangan, swasta dan pemerintah untuk melakukan kegiatan ekonomipemerintah menangani sektor-sektor ekonomi yang menguasai kepentingan masyarakat secara umum.Contoh negara yang menggunakan sistem campuran adalah negara-negara yang sedang berkembang.


2. Pengertian Permintaan dan Penawaran


Permintaan adalah Jumlah barang atau jasa yang ingin dan mampu dibeli oleh konsumen , pada berbagai tingkat harga, dan pada periode tertentu.
Penawaran adalah Jumlah barang dan jasa yang tersedia dan dapat dijual oleh penjual.

Hukum permintaan dan penawaran serta faktor-faktor yang mempengaruhinya

Hukum Permintaan adalah sebuah peraturan yang melandaskan kegiatan ekonomi dalam bentuk suatu permintaan.
Hukum Penawaran adalah sebuah peraturan yang melandaskan kegiatan ekonomi dalam bentuk suatu penawaran.


Faktor yang mempengaruhi hukum Permintaan :


  1. Perilaku konsumen / selera konsumenSaat ini handphone blackberry sedang trend dan banyak yang beli, tetapi beberapa tahun mendatang mungkin blackberry sudah dianggap kuno.
  2. Ketersediaan dan harga barang sejenis pengganti dan pelengkap. Jika roti tawar tidak ada atau harganya sangat mahal maka meises, selai dan margarin akan turun permintaannya.
  3. Pendapatan/penghasilan konsumen. Orang yang punya gaji dan tunjangan besar dia dapat membeli banyak barang yang dia inginkan, tetapi jika pendapatannya rendah maka seseorang mungkin akan mengirit pemakaian barang yang dibelinya agar jarang beli.
  4. Perkiraan harga di masa depan. Barang yang harganya diperkirakan akan naik, maka orang akan menimbun atau membeli ketika harganya masih rendah misalnya seperti bbm/bensin.
  5. Banyaknya/intensitas kebutuhan konsumenKetika flu burung dan flu babi sedang menggila, produk masker pelindung akan sangat laris. Pada bulan puasa (ramadhan) permintaan belewah, timun suri, cincau, sirup, es batu, kurma, dan lain sebagainya akan sangat tinggi dibandingkan bulan lainnya.


Faktor yang mempengaruhi hukum penawaran :




  1. Biaya produksi dan teknologi yang digunakanJika biaya pembuatan/produksi suatu produk sangat tinggi maka produsen akan membuat produk lebih sedikit dengan harga jual yang mahal karena takut tidak mampu bersaing dengan produk sejenis dan produk tidak laku terjual. Dengan adanya teknologi canggih bisa menyebabkan pemangkasan biaya produksi sehingga memicu penurunan harga.
  2. Tujuan Perusahaan. Perusahaan yang bertujuan mencari keuntungan sebesar-besarnya (profit oriented) akan menjual produknya dengan marjin keuntungan yang besar sehingga harga jual jadi tinggi. Jika perusahaan ingin produknya laris dan menguasai pasar maka perusahaan menetapkan harga yang rendah dengan tingkat keuntungan yang rendah sehingga harga jual akan rendah untuk menarik minat konsumen.
  3. Pajak. Pajak yang naik akan menyebabkan harga jual jadi lebih tinggi sehingga perusahan menawarkan lebih sedikit produk akibat permintaan konsumen yang turun.
  4. Ketersediaan dan harga barang pengganti/pelengkap. Jika ada produk pesaing sejenis di pasar dengan harga yang murah maka konsumen akan ada yang beralih ke produk yang lebih murah sehingga terjadi penurunan permintaan, akhirnya penawaran pun dikurangi.
  5. Prediksi / perkiraan harga di masa depan. Ketika harga jual akan naik di masa mendatang perusahaan akan mempersiapkan diri dengan memperbanyak output produksi dengan harapan bisa menawarkan/menjual lebih banyak ketika harga naik akibat berbagai faktor.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar