Minggu, 07 April 2013

Silogisme

Silogisme merupakan suatu proses penarikan kesimpulan yang didasarkan atas pernyataan-pernyataan ( proposisi yang kemudian disebut premis ) sebagai antesedens ( pengetahuan yang sudah dipahami ) hingga akhirnya membentuk suatu kesimpulan ( keputusan baru ) sebagai konklusi atau konsekuensi logis. Keputusan baru tersebut selalu berkaitan dengan proposisi yang digunakan sebagai dasar atau dikemukakan sebelumnya. Oleh karena hal tersebut, perlu dipahami hal-hal teknis berkaitan dengan silogisme sehingga penalaran kita benar dan dapat diterima nalar.

Macam-Macam Silogisme

Silogisme dapat dibedakan menjadi tiga:
1) silogisme kategorial;
2) silogisme hipotetis; dan
3) silogisme alternatif.

 Namun, bisa juga dibedakan menjadi dua yang lain:
1) silogisme kategorial; 
2) silogisme tersusun.

1. Silogisme Kategorial
Silogisme kategorial disusun berdasarkan klasifikasi premis dan kesimpulan yang kategoris. Premis yang mengandung predikat dalam kesimpulan disebut premis mayor, sedangkan premis yang mengandung subjek dalam kesimpulan disebut premis minor.

2. Silogisme Tersusun
Dalam praktik kehidupan sehari-hari bentuk dilogisme di atas ( kategorial ) sering tidak diikuti sebagaimana mestinya, melainkan diambil jalan pintas demi lancar dan cepatnya komunikasi antar pihak. Berikut ini bentuk-bentuk yang dimaksud, yang sebenarnya merupakan perluasan atau penyingkatan silogisme kategorial.
Silogisme ini dapat dibedakan dalam tiga golongan:
1) epikherema;
2) entimem; dan
3) sorites

Sumber : http://andriksupriadi.wordpress.com/2010/04/01/pengertian-silogisme/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar