Jumat, 11 Maret 2011

Manusia dan Cinta Kasih

BAB 4
 

KEMESRAAN
Kemesraan berasal dari kata mesra yang berarti erat atau karib sehingga kemesraan berarti hal yang menggambarkan keadaan sangat erat atau karib. Kemesraan juga bersumber dari cinta kasih dan merupakan realisasi nyata. Kemesraan dapat diartikan sama dengan kekerabatan, keakraban yang dilandasi rasa cinta dan kasih.
Tingkatan kemesraan dapat dibedakan berdasarkan umur, yaitu:
  • Kemesraan dalam Tingkat Remaja, terjadi dalam masa puber atau genetal pubertas yaitu dimana masa remaja memiliki kematangan organ kelamin yang menyebabkan dorongan seksualitasnya kuat.,akibatnya sering terjadi salah paham dalam arti kemesraan di kalangan remaja saat ini,sampai terkadang kemesraan yang dilakukan kebablasan dan akibatnya merugikan diri sendiri dan juga orang terdekat.
  • Kemesraan dalam Rumah Tangga, terjadi antara pasangan suami istri dalam perkawinan. Biasanya pada tahun tahun wal perkawinan, kemesraan masih sangat terasa, namun bisa sudah agak lama biasanya semakin berkurang,itu karena adanya rasa bosan/jenuh yang biasa dialami oleh manusia,dan biasanya jika dalam diri kita msih ada cinta,kemesraan itu bisa muncul kembali,bisa disebabkan oleh adanya rasa rindu.
  • Kemesraan Manusia Usia Lanjut, Kemesraan bagi manusia berbeda dengan pada usia sebelumnya. Pada masa ini diwujudkan dengan jalan – jalan dan sebagainya untuk mengisi waktu luang mereka.


KASIH SAYANG
        Makna kasih sayang itu sangat luas karena kasih sayang itu bisa diberikan kepada siapa saja yang menurut kita istimewa di hati kita. Contonya kasih sayang antara orang tua dengan anaknya, adanya rasa kasih sayang disebabkan karena adanya keterikatan batin. Ada lagi kasih sayang antar 2 insan manusia, bilamana disitu tersirat adanya rasa saling mengagumi,membutuhkan, dan melengkapi.


PEMUJAAN
Pemujaan berasal dari kata puja yang berarti penghormatan atau tempat memuja kepada dewa – dewa atau berhala. Dalam perkembangannya kemudian pujaan ditujukan kepada orang yang dicintai, pahlawan dan Tuhan YME. Pemujaan kepada Tuhan adalah perwujudan cinta manusia kepada Tuhan, karena merupakan inti , nilai dan makna dari kehidupan yang sebenarnya.
Cara Pemujaan dalam kehidupan manusia terdapat berbagai perbedaan sesuai dengan ajaran agama, kepercayaan, kondisi dan situasi. Tempat pemujaan merupakan tempat komunikasi manusia dengan Tuhan. Berbagai seni sebagai manifestasi pemujaan merupakan suatu tambahan tersendiri dalam terciptanya kehidupan yang lebih indah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar