Sabtu, 19 Maret 2011

Manusia dan Keindahan


BAB 5

Keindahan berasal dari kata indah, artinya bagus, permai, cantik, elok, molek dan sebagainya. Benda yang mempunyai sifat indah ialah segala hasil seni, (meskipun tidak semua hasil seni indah, pemandangan alam (pantai, pegunungan, danau, bunga-bunga di lereng gunung), manusia (wajah, mata, bibir, hidung, rambut, kaki, tubuh), rumah (halaman,perabot rumah tangga dan sebagainya), suara, warna dan sebagainya. Keindahan adalah identik dengan kebenaran.

Disini saya akan membahas tentang keindahan ragam budaya yang ada di negeri kita tercinta ini,Indonesia. Banyak tersimpan keindahan yang terselubung di bumi nusantara ini namun kadang kita tidak menyadarinya, kita tidak menyadarinya karena kita sendiri pun terlalu cuek dan tidak peduli akan hal itu.
Keaneka ragaman seni,adat dan budaya itu dapat kita jadikan sebagai aset berharga di negeri kita ini, indahnya pemandangan alamnya,laut terhampar lepas, pengunungan menjulang tinggi, hutan rimba yang lebat,kesenian yang menarik dan unik dan aneka budaya yang memberikan kebanggaan tersendiri.
Ingatkah waktu angklung diklaim sebagai alat musik dari negara Malaysia??? Padahal jelas-jelas kita tahu bahwa angklung adalah alat musik khas dari daerah Jawa Barat, lalu kesenian reog padahal jelas-jelas itu adalah kesenian budaya dari Ponorogo dan ingatkah pulau Sipadan dan Ligitan yang diperebutkan oleh malaysia dan Indonesia??? Dan akhirnya pulau itu jatuh di tangan Malaysia. Seklumit pernyataan tersebut adalah sebagai cambuk untuk kita sebagai warga bangsa Indonesia, sebenarnya  tidak ada salah menyalahkan disini,mungkin karena kita terlalu tidak mempedulikan akan keindahan budaya yang kita punya sehingga orang lain yang peduli bisa saja mengklaim bahwa itu milik dia.

OPINI :
Dari tulisan di atas opini saya adalah agar kita sebagai bangsa Indonesia lebih peduli lagi terhadap keindahan aneka kesenian dan budaya negeri sendiri dan melestarikannya agar tidak di ambil oleh negara lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar